Inovasi Schneider Electric Untuk Ciptakan Hunian Ideal: Rumah Nyaman Listrik Aman

Rumah Nyaman Listrik Aman


Punya konsep rumah ideal? Follow dan scroll akun media sosial yang membahas seputar desain interior rumah menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan buat saya karena ada banyak inspirasi dan informasi tentang konsep rumah ideal yang sedang tren saat ini. Salah satu desain interior rumah kekinian favorit saya adalah konsep open space. Menurut saya, konsep desain interior rumah ini cocok sekali untuk desain rumah minimalis.

Meskipun kata orang konsep desain interior rumah open space lebih irit budget, tetapi bukan itu alasan utama saya menyukainya, justru konsep rumah tanpa sekat inilah yang membuat saya tertarik karena ruangan-ruangan dalam rumah hadir dalam satu kesatuan, sepertinya inilah konsep “rumah ideal” versi saya. Dalam rumah open space, cahaya matahari bisa masuk dengan lebih leluasa ke ruangan-ruangan dalam rumah. Jadi bisa meminimalisir penggunaan lampu di siang hari, yang artinya penggunaan energi listrik bisa lebih hemat. Tidak hanya itu, sirkulasi udara jadi lebih lancar sehingga area dalam rumah jauh dari kondisi pengap dan lembab.

Konsep rumah open space membuat ruangan terlihat lebih luas, karena tidak ada dinding atau sekat pembatas, kalau pun ada biasanya tidak terlalu besar. Rumah juga mudah dibersihkan karena hampir semua ruangan menyatu dalam area yang sama, jadi tidak ada sudut-sudut yang tersembunyi sebagai tempat debu atau kotoran berkumpul. Waktu membersihkan rumah jadi lebih cepat, karena rumah open space umumnya tidak memiliki banyak perabotan. Konsep rumah seperti ini pastinya cocok untuk ibu rumah tangga yang masih memiliki anak kecil.

Desain Interior Open Space
Foto: freepik.com

Terkesan minimalis, bukan berarti rumah open space tidak bisa tampil estetik dan nyaman lho! Karena ada banyak cara untuk menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis untuk rumah yang berkonsep open space. Salah satunya dengan pemilihan aksesoris rumah, seperti sakelar. Lho kok sakelar dijadikan aksesoris rumah! Tenang, jangan heran dulu karena kini sakelar bukan lagi hanya sekadar perangkat untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik saja, tapi bisa dijadikan elemen penting dalam desain interior rumah.

Panasaran seperti apa sakelar yang bisa dijadikan aksesoris untuk mempercantik rumah? Yuk simak cerita saya berikut ini setelah hadir dalam talkshow Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman yang diselenggarakan Schneider Electric, atas undangan komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB), Rabu, 2 Oktober 2024 lalu.

Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman, Pentingnya Estetika dan Keamanan Menyatu Dalam Satu Desain

Demi menjawab rasa penasaran saya tentang konsep rumah ideal yang akan dibahas dalam talkshow Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman hari ini, saya berangkat pagi sekali dari Tangerang untuk menghindari kemacetan yang nyaris selalu berulang di sepanjang tol Tangerang – Merak menuju Jakarta. Kabar baiknya, acara talkshow ini diselenggarakan di Alila Hotels SCBD, Jakarta, yang akses kendaraan umumnya mudah dijangkau, sehingga saya bisa hadir tepat waktu.

Talkshow Innovation Talk Rumah Nyaman Listrik Aman

Tepat jam 12 siang, kami dipersilakan masuk ke venue acara untuk menikmati makan siang sambil melihat-lihat berbagai produk inovasi Schneider Electric untuk membantu menciptakan hunian ideal versi pemilik dan penghuni rumah. Bagaimana pun masing-masing orang pasti memiliki konsep desain interior favoritnya, seperti saya nih yang suka sekali konsep rumah terutama desain interiornya yang cenderung open space.

Saat makan siang sambil melihat berbagai inovasi Schneider Electric, ternyata penting sekali menyatukan aspek estetika, kenyamanan, dan keamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis. Tidak heran jika Schneider Indonesia yang tahun ini memasuki usia 51 tahun sebagai pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, mengajak pemilik dan calon pemilik rumah untuk mendefinisikan ulang konsep “rumah ideal” melalui kegiatan kampanye “Rumah Nyaman Listrik Aman.”

Innovation Talk Rumah Nyaman Listrik Aman

Ternyata, dalam talkshow Innovation Talk yang digelar hari ini, Schneider Electric tidak hanya ingin berbagi tren dan inspirasi untuk menciptakan hunian yang indah, nyaman, dan aman, tapi juga memberikan edukasi pentingnya proteksi kelistrikan di hunian. Untuk memastikan rumah yang telah dirancang dengan indah tetap aman dari potensi bahaya, seperti sengatan listrik, korsleting, lonjakan arus, dan risiko kebakaran. Untuk memperbincangkan tema hari ini, hadir sebagai pembicara,
  1. M. Farhan Lucky, Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia,
  2. Ranu Scarvia Ria Fitri, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta,
  3. Nana Mirdad dan Andrew White sebagai home owner.

Sakelar AvatarOn, Hadirkan Sentuhan Pribadi Di Setiap Sudut Ruang

“Rumah kini bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga ruang untuk berkarya, memulai usaha, dan menjadi tempat berbagi serta menyimpan kenangan. Tren desain interior saat ini dan di masa depan menyoroti pentingnya personalisasi, di mana desain harus mencerminkan kepribadian dan gaya hidup penghuninya.” kata Ranu Scarvia RF, M.Sn, HDII, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta.

Ranu Scarvia Ria Fitri Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta

Benar sekali! Tren saat ini para pemilik dan penghuni rumah semakin berani dan ekspresif dalam mewujudkan ide serta impian rumah ideal melalui desain interior, baik untuk urusan pemilihan warna hingga aksesoris rumah. Hasilnya, rumah pun menjadi cerminan kepribadian dan gaya hidup, menciptakan ruang yang unik dan personal.

Sejalan dengan yang dikatakan Ibu Ranu kemudian, bahwa pada tahun 2024 dan 2025, akan terlihat tren yang semakin mengarah pada personalisasi yang mendalam, dengan fokus pada penggunaan material yang berkelanjutan, teknologi pintar, dan elemen desain yang menciptakan ruang yang tidak hanya estetis tetapi juga fungsional dan penuh makna. Tentunya pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar tidak hanya indah namun juga aman.

Ingin menghadirkan sentuhan pribadi di setiap sudut ruang dalam rumah impian, juga diungkapkan oleh pasangan public figure dan influencer Andrew White dan Nana Mirdad dalam sesi bincang berikutnya. Nana Mirdad bahkan tidak ragu berbagi kisah, saat membangun rumah impian, pasangan ini ingin setiap anggota keluarga termasuk anak-anak bisa mengekspresikan ide dan keinginannya.

Nana Mirdad dan Andrew White sebagai Home Owner

Tidak hanya sentuhan personal di sudut rumah, Nana Mirdad bersama suaminya juga sangat memperhatikan detail interior, bahkan untuk urusan penempatan sakelar sekalipun, agar semuanya bisa selaras dengan konsep desain yang diinginkan. “Beruntung ada inovasi saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget. Jadi lebih estetik. Cover saklarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Memungkinkan kami berkreasi tanpa batas, “ cerita Nana dengan antusias.

Selanjutnya mari bahas soal sakelar estetik yang membuat saya penasaran, dari pemilik produk Bapak M. Farhan Lucky, selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia, yang menjelaskan "Sakelar kini bukan hanya soal fungsi, tetapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior. Dengan inovasi seperti AvatarOn dari Schneider Electric, sakelar dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang.”

Inovasi Sakelar AvatarOn dari Schneider Electric

Apa sakelar AvatarOn bisa menyatukan tiga aspek penting, yaitu keindahan, keamanan, dan kenyamanan, yang kini tidak terpisahkan bagi pemilik rumah? Tentu bisa, dan ini dijelaskan secara langsung oleh Bapak Farhan, “Desainnya yang ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan. Sakelar yang dulunya dianggap sepele, kini menjadi bagian integral dari keseluruhan estetika ruangan, menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan.”

Desain Sakelar AvatarOn dari Schneider Electric

Di balik tampilannya yang modern, AvatarOn juga dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap. Memenangkan iF Design Award 2017, sakelar ini juga menyediakan fungsi tambahan seperti gantungan kunci dan soket USB, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Lindungi Keluarga Dengan Proteksi Kelistrikan Maksimal

Di era modern ini, hampir setiap rumah memiliki perangkat teknologi yang tersambung dengan listrik, bahkan perangkat atau peralatan bertenaga listrik tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya mesin cuci. Tapi yakinkah kalau rumah yang dihuni sudah memiliki proteksi kelistrikan maksimal? Jangan sepelekan masalah kelistrikan ini ya, karena data menunjukkan mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di perumahan diakibatkan masalah kelistrikan. Nah, agar Rumah Nyaman Listrik Aman, Schneider Electric punya solusinya.

Proteksi Kelistrikan untuk Hunian

Selama ini, masyarakat hanya mengenal proteksi kelistrikan yang umum adalah MCB (Miniature Circuit Breaker). Padahal ada yang penting dan wajib diketahui kalau perlindungan terhadap bahaya kebakaran, kesetrum, dan lonjakan daya listrik pada rumah dan bangunan membutuhkan perangkat proteksi kelistrikan yang berbeda. Bapak Farhan menjelaskan, “MCB digunakan sebagai proteksi beban lebih dan korsleting listrik, namun bukan untuk proteksi kesetrum maupun proteksi terhadap induksi petir. Penting untuk berkonsultasi dengan teknisi listrik berlisensi guna memastikan hunian memiliki kedua jenis perlindungan dan menjadwalkan pemeriksaan beban listrik secara rutin demi menjaga keamanan di rumah, terutama di tengah perkembangan teknologi yang terus meningkat."

Untuk melindungi dari bahaya kesetrum, terdapat produk proteksi kelistrikan bernama Gawai Proteksi Arus Sisa atau lebih dikenal dengan istilah ELCB/RCCB yang berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik. Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No.7 tahun 20212. RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen, yaitu 30 mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300 mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa. Schneider Electric menawarkan Domae RCCB dengan kedua tipe tersebut: Domae RCCB 30 mA dan 300 mA.

Inovasi Proteksi Kelistrikan dari Schneider Electric

Berkaitan dengan proteksi kelistrikan maksimal, Andrew White juga memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan keluarga dari bahaya kelistrikan, “Pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi.”

Schneider Charge, Solusi Kemudahan Pengisian Kendaraan Listrik Di Rumah

Siapa nih yang sudah atau berencana memiliki kendaraan listrik? Nah, untuk mendukung hunian modern yang smart dan berkelanjutan, Schneider Electric telah menghadirkan solusi pengisian daya kendaraan listrik melalui Schneider Charge. Solusi ini dirancang untuk memberikan kemudahan pengisian daya di rumah yang efisien, praktis, dan cepat.

Schneider Electric Solusi Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah

Schneider Charge menjadi solusi ideal bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia yang ingin mengintegrasikan gaya hidup serba listrik ke dalam keseharian mereka, seiring dengan berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Dengan kemudahan instalasi dan visibilitas penggunaan listrik yang dapat diakses secara real time melalui aplikasi smart control – Monta App, penghuni dapat merencanakan pengisian daya kendaraan dengan lebih efektif.

Tidak hanya mengutamakan efisiensi, Schneider Charge juga memastikan proteksi kelistrikan terbaik untuk hunian. Schneider Electric memastikan bahwa solusi ini aman dan sesuai dengan standar kelistrikan, sehingga penghuni dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang andal tanpa mengorbankan aspek keamanan.

Kampanye #RumahNyamanListrikAman

Penjelasan Bapak Farhan tentang Schneider Charge, sebagai solusi kemudahan pengisian kendaraan listrik di rumah menjadi penutup rangkaian acara talkshow Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman, yang tidak hanya dihadiri komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB), tetapi juga beberapa perwakilan dari media.

Hadir dalam talkshow Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman memberikan banyak sekali insight baru, yang sukses membuat saya berpikir ulang tentang konsep rumah ideal. Jika sebelumnya saya masih melihat rumah sebagai bangunan fisik, dengan atap di atas kepala dan unsur estetika ditentukan oleh furniture. Padahal, untuk menjadi sebuah “rumah” dibutuhkan lebih dari itu, karena rumah adalah investasi jangka panjang. Sekarang saya sadar konsep “rumah ideal” harus menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis, dan ini diwujudkan Schneider Electric melalui kampanye #RumahNyamanListrikAman.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

36 komentar untuk "Inovasi Schneider Electric Untuk Ciptakan Hunian Ideal: Rumah Nyaman Listrik Aman"

Comment Author Avatar
Bagus ya konsep dari Schneider Electric ini. Memang kita ini harus memastikan kalau solusi ini tuh beneran aman dan sesuai dengan standar kelistrikan?
Sebagai penghuni rumah pastinya kita ingin menikmati pengalaman pengisian daya yang andal tanpa mengorbankan aspek keamanan , yekan? Nah inilah jawabannya
Comment Author Avatar
Wah iya ya..sakelar yang biasa-biasa aja..nyaris dianggap ga ada tapi dengan sakelar AvatarOn bisa menyatukan tiga aspek penting, yaitu keindahan, keamanan, dan kenyamanan. Juga mampu bantu mewujudkan “rumah ideal” yang menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis. Keren nih Schneider Electric.
Comment Author Avatar
Bener banget, rumah open space emang lg diincar banyak orng,

Ternyata listrik juga butuh diproteksi y bund biar amn.
Untung ada ELCB jd aman dn gk khawatir korsleting lg
Comment Author Avatar
Aku juga suka nie mba desain rumah open space jadi berasa lebih menyatu ajagak dipisahkan sekat2 jadi kita bisa tau anggota keluarga yg lain sedang apa...
Masalah saklar yg terlihat remeh ternyata juga memegang peranan penting ya dalam menentukan sebuah estetik nya rumah dan schneider salah satu pilihan terbaik pastinya
Comment Author Avatar
Listrik emang hal yg krusial dan perlu diperhatikan banget, Ken bahayanya gak main2 bisa kebakaran. Aku di rumah jg pake Produk Schneider krn beneran aman dan sesuai dengan standar kelistrikan
Comment Author Avatar
Konsep rumah open space bagus ya. Yang dibuat tertutup hanya kamar aja tuh bagus sih. Model. Rumah jawa lawas juga kayak gt
Comment Author Avatar
Kok jadi pengin ganti sakelar di rumah ya sayaa....lihat penampakan AvataraOn yang modern, dan dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan ini...wah aman, cantik dan estetik.
Comment Author Avatar
Bahkan sakelarnya pun gak hanya fungsional. Tapi juga esetetik banget sakelarnya. Schneider memang juaranya di bidang elektrik
Comment Author Avatar
rumah aesthetic tapi tetep memperhatika keamanannya ya, biar nyaman juga ditempati oleh keluarga tercinta
Comment Author Avatar
Gas sama listrik tuh yang bikin ibu ibu agak takut. Dengan adanya kampanye ini, ibu ibu jadi paham ya fungsi alat alat listrik, jadi ga hanya tahu sakelar aja 😁
Comment Author Avatar
untuk kelistrikan rumah pastinya kita akan menggunakan produk-produk yang berkualitas ya mbak kayak schneider ini apalagi kalau bentuknya estetik pastinya makin semangat buat beli produknya
Comment Author Avatar
Sakelar AvatarOn aku suka yang bisa di custom foto keluarga, membuat ruangan tambah estetik ya mba.
Comment Author Avatar
Rumah aman tentunya kelistrikan harus aman, hemat, dan bikin nyaman. Schneider ini sudah dipercaya inovasinya di bidang kelistrikan rumah
Comment Author Avatar
Keren banget ini!

Schneider Electric, brand global ternama untuk produk-produk kelistrikan, lewat kampanye “Rumah Nyaman, Listrik Aman” ingin mengedukasi sekaligus mengajak para pemilik dan calon pemilik rumah bagaimana sih menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dari sebuah hunian.

Lewat produk-produknya, kampanye ini juga memberikan edukasi mengenai pentingnya proteksi kelistrikan di hunian, agar terhindar dari potensi bahaya seperti sengatan listrik, korsleting, lonjakan arus, dan risiko kebakaran!

So inspiring bingit ya, kampanyenya!
Comment Author Avatar
Sakelar AvatarOn ini kece banget desainnya ya. Gak kalah kece dari yang custom, ada warna wine gold, elegan banget deh ini buat ruangan dengan furniture kayu jati ya. Ih, gemes deh, aku udah intip harga-harganya sih di official schneider electric
Comment Author Avatar
Schneider memang brand legendaris sih untuk urusan kelistrikan ini ya. Kualitas produknya gak perlu diragukan lagi. Keren banget sekarang ada saklar AvatarOn yang bisa di-customize sesuai keinginan personal. Punya rumah dengan desain yang personal sampai ke hal-hal detail seperti saklar dan lainnya memang impian banget sih.
Comment Author Avatar
Scheinder dari dulu sudah terkenal menjadi produsen peralatan listrik yang tereknal berkualitas ya
Inovasinya membuat rumah nyaman listrik aman ya
Comment Author Avatar
Keren banget desainnya, selain memang fungsional tapi tetap estetik. Apalagi namanya listrik duhh, kalau bukan brand terpercaya bakal rugi ke kita dan perlu pemeliharaan lagi, keluar biaya lagi dan tentu tidak murah
Comment Author Avatar
masalah kelistrikan ini sering kali disepelekan. dianggap baik2 aja sepanjang tidak ada yg konslet. tapi mesti juga dicek berkala. btw cara ngeceknya gimana mba?
Comment Author Avatar
Produk kelistrikan dari Schneider Electric ini memang keren. Tak hanya memastikan rumah nyaman dan aman, tapi juga berinovasi pada interior dengan adanya saklar AvatarOn. Berfungsi sebagai saklar sekaligus interior ruangan.
Comment Author Avatar
Punya rumah yang estetik dan nyaman, tentunya impian banyak orang, termasuk Fenni juga hehe. Soalnya rumah kan tempat yang paling menenangkan buat kerja, melepas lelah, dan kumpul bareng keluarga. Sehingga perlu didukung dengan keamanan produk kelistrikan yang tepat seperti dati Schneider ini ya
Comment Author Avatar
Kampanye yang sangat inspiratif ya
Rumah ideal memang seharusnya nyaman dan aman ya
Schneider electric ini dari dulu terkenal sebagai produsen keamanan peralatan listrik yang mumpuni
Comment Author Avatar
Keamanan listrik di rumah menjadi lebih penting saat ini ya, mbak. Karena semakin banyak alat elektronik yang dipakai di rumah. Tidak hanya dipakai orang dewasa tapi juga anak-anak. Jadi harus dipastikan semua Anam dan nyaman di gunakan. Plus dapat bonus estetik ya...
Comment Author Avatar
Wah, yang sudah punya kendaraan listrik sekarang makin mudah nih untuk mengisi dayanya. Ada Schneider Charge yg bisa dipasang di rumah.

Acara gini keren banget. Jadi kita makin banyak tahu tentsng betapa pentingnya rumah aman dan nyaman. Biar keluarga senyum bahagia tanpa khawatir adanya sisa arus listrik.
Comment Author Avatar
Sama Mbak, aku juga suka banget konsep rumah open space.
BTW, saklar custom-nya bagus banget. Estetik dan malah bisa jadi hiasan dinding atau dijadikan suatu space yang artistik
Comment Author Avatar
Sekarang sakelar bisa dijadikan aksesoris rumah, ya, bukan lagi hanya sekadar perangkat untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik saja. Seperti sakelar dari Schneider Electric bisa dijadikan elemen penting dalam desain interior rumah.
Comment Author Avatar
bagus nih inovasinya, menyatukan keamanan dan kenyaman plus estetik ya mak. apalagi sudah menyediakan juga untuk saluran listrik yang aman untuk pengisian batrey mobil listrik. keren sih ini
Comment Author Avatar
Nah ini penting nih, unsur amannya dapat, faktor estetiknya pun ga ditinggalkan, jadi dpt semua
Comment Author Avatar
Model sakelar AvatarOn nya bagus ya mbak jadi pe ngen juga custom foto di cover saklar
Comment Author Avatar
Andrew dan Nana memang sering update soal hunian dan interior
Makanya gak heran kalau sakelar saja nemu yang estetik begini
Jadi teredukasi deh saya
Comment Author Avatar
Betul sekali, selain estetika yang ada dalam desain interior, faktor keamanan pun penting ketika membangun rumah. Klo peralatan kelistrikannya sudah terjamin aman seperti produk2 Schneider, kita pun bisa ayem yaaa...
Comment Author Avatar
Setuju banget sih dengan konsep #rumahnyamanlistrikaman yang digaungkan. Apalagi ini ada Sakelar AvatarOn yang bisa disesuaikan dengan kepribadian. Duh warnanya ini, jaadi nggak monoton cuma putih doank ya. Ada pilihan warna lainnya juga.
Comment Author Avatar
Sakelar AvatarOn ini bisa dimodif sesuai keinginan Kita yah jadi lebih estetik juga rumah selain itu anti kesetrum dan korslet
Comment Author Avatar
Cakep banget tampilan produk saklar AvatarOn dari Schneider Electric ini. Mudah2an someday bisa punya salah satu produknya, emang pas banget buat konsep "rumah ideal"
Comment Author Avatar
Desain peralatan listrik AvatarOn dari Scheider Electrik tak hanya membuat aman rumah tapi juga bisa estetik ya. Keep dulu, next rehap rumah bisa dong pake AvatarOn.
Comment Author Avatar
Jaman bikin rumah dulu, aku jujur senaksir itu sama saklar Schneider, warna hitam. Ternyata banyak juga pilihan tone saklar yang lain. Baru tau juga bisa support EV charging juga