Pilihan Makanan dan Minuman yang Wajib Dicoba untuk Menambah Nafsu Makan Anak

makanan dan minuman untuk menambah nafsu makan anak

Menjaga nafsu makan anak agar tetap baik adalah salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para orang tua. Anak-anak memiliki preferensi makanan yang bisa berubah-ubah dan terkadang sulit untuk memprediksi apa yang mereka suka dan tidak suka. Nafsu makan yang buruk dapat berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan anak.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Salah satunya adalah Susu Morinaga Chil*Go! 1+ dengan formula nutrisi yang enak dan bergizi. Ingin tahu makanan dan minuman lainnya? Simak artikel ini hingga selesai!

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar adalah pilihan yang bagus untuk menambah nafsu makan anak karena rasanya yang manis dan segar. Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan stroberi mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan anak. Buah juga kaya serat yang dapat membantu pencernaan anak tetap lancar. Untuk referensi, orang tua bisa menyajikan buah-buahan dalam bentuk potongan-potongan kecil atau mencampurnya dalam salad buah untuk menarik minat anak.

2. Sayuran-sayuran Hijau

Wajib tahu nih! Sayuran juga penting untuk menambah nafsu makan anak, tetapi pada kenyataannya sayuran seringkali kurang diminati anak-anak. Nah, untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk menyajikan sayuran dalam bentuk yang lebih menarik. Misalnya, mengaplikasikan resep membuat sayuran panggang dengan toping keju atau membuat sup sayuran dengan potongan-potongan sayuran yang dibentuk lucu-lucu. Diantaranya banyaknya jenis sayuran, seperti wortel, brokoli, dan kacang hijau adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi anak sejak dini karena kaya akan vitamin dan serat.

3. Telur

Siapa nih yang anaknya suka sekali telur? Rasanya hampir semua anak menyukai jenis makanan yang satu ini. Sebagai informasi, telur adalah sumber protein yang sangat baik untuk anak-anak dan dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak-anak karena memang makanan berbahan dasar telur sangat disukainya. Telur bisa disajikan dalam berbagai cara atau resep yang tergolong simpel, seperti direbus, dogoreng, atau dibuat menjadi omelet dengan tambahan sayuran dan keju. Protein yang terkandung dalam telur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, serta membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Menyajikan telur sebagai salah satu makanan bisa meminimalisir keinginan makan camilan atau snack yang kurang sehat pada anak.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kacang mete, dan biji chia mengandung banyak lemak sehat, protein, dan serat. Makanan ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak dan memberikan energi yang cukup untuk menunjang aktivitas harian anak-anak. Untuk itu, usahakan selalu memasukkan jenis makanan yang satu ini dalam menu harian anak-anak, atau bisa menambahkan kacang-kacangan dalam salad, smoothie, atau dibuat camilan yang sehat.

5. Smoothie Buah dan Sayur

Anak-anak suka smoothie? Smoothie adalah cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam diet anak. Dengan mencampurkan buah-buahan dan sayuran dalam satu minuman, tidak akan terlihat sayuran yang umumnya kurang disukai anak-anak, apalagi jika sudah tercampur rasa sayuran tersebut akan menyatu dengan buah-buahan serta bahan lainnya. Akan lebih baik menambahkan yogurt atau susu untuk memberikan tekstur yang lebih lembut serta kaya akan kalsium.

6. Yogurt

Siapa sih yang tidak suka yogurt. Yogurt adalah pilihan makanan yang lezat dan bergizi, juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Yogurt mengandung protein dan probiotik yang baik untuk pencernaan. Agar lebih menarik dan memiliki nilai gizi lebih maksimal, bisa ditambahkan buah segar atau granola ke dalam yogurt agar lebih kaya rasa serta lebih enak dikonsumsi anak-anak apalagi jika buah-buahan yang ditambahkan adalah favoritnya.

7. Sup Ayam

Siapa yang tidak suka dengan menu makanan yang satu ini. Sup ayam adalah makanan klasik yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi. Sup ayam mengandung protein dari ayam dan juga banyak vitamin dari sayuran yang ditambahkan kedalamnya. Sup ayam yang dikonsumsi dalam keadaan hangat bisa memberikan rasa nyaman dan meningkatkan nafsu makan anak, apalagi jika dalam kondisi tubuh anak kurang fit. Sup ayam bisa dijadikan makanan alternatif untuk membuat anak merasa lebih sehat dan segar.

8. Susu Penambah Nafsu Makan

Cara efektif lainnya untuk memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan agar aktivitas harian bisa maksimal adalah dengan memilih susu yang tepat sebagai tambahan dalam menu makanan harian anak-anak, atau yang lebih dikenal "empat sehat lima sempurna." 

Susu Morinaga Chil*Go! 1+ adalah pilihan yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak yang membutuhkan asupan nutrisi tambahan serta peningkatan nafsu makan. Susu ini dirancang khusus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka dengan lebih baik.

Susu Morinaga Chil*Go! 1+

Diformulasikan dengan perpaduan nutrisi berkualitas, Susu Morinaga Chil*Go! 1+ kaya akan serat pangan inulin, vitamin A, C, E, dan zinc yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, susu ini juga dilengkapi dengan kalsium dan vitamin D yang membantu memperkuat tulang dan gigi. Ditambah dengan minyak ikan yang mengandung Omega 3 dan 6, serta 14 vitamin dan 7 mineral termasuk 9 asam amino esensial, susu ini memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang sesuai tahapan usianya.

Kombinasi nutrisi ini tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, tetapi juga memastikan pertumbuhan mereka berjalan secara optimal. Susu Morinaga Chil*Go! 1+ juga tersedia dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat menjadi solusi praktis bagi orang tua yang ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anak mereka.

Menambahkan Susu Morinaga Chil*Go! 1+ ke dalam pola makan harian anak, bersama dengan variasi makanan dan minuman lainnya yang kaya nutrisi, dapat membantu menciptakan keseimbangan diet yang sempurna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal.

Jadi jangan ragu untuk mencoba berbagai tips dan pilihan makanan serta minuman yang sudah direkomendasikan di atas untuk menambah nafsu makan anak. Jika anak memiliki nafsu makan yang baik dan selalu lahap mengonsumsi apapun jenis makanan serta minuman yang sehat serta dipastikan memiliki kandungan zat gizi yang baik, maka bisa dipastikan kesehatan anak juga akan optimal. Anak cerdas berawal dari makanan dan minuman yang sehat!
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pilihan Makanan dan Minuman yang Wajib Dicoba untuk Menambah Nafsu Makan Anak"