5 Keunggulan BYD M6, Harganya Tergolong Cukup Murah Untuk Kelas Mobil Listrik

mobil listrik MPV untuk keluarga

Siapa nih yang sudah mengunjungi pameran GIIAS tahun 2024 ini? Setiap tahun pameran otomotif terbesar di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin mengetahui jenis-jenis otomotif, terutama mobil seri terbaru. Mobil keluaran terbaru yang banyak menarik minat pengunjung adalah mobil listrik, yang saat ini sudah mengeluarkan mobil listrik jenis MPV Listrik atau Multi Purpose Electric Vehicle (MPEV). 

Multi Purpose Electric Vehicle (MPEV) atau MPV Listrik adalah jenis kendaraan listrik yang didesain untuk memenuhi kebutuhan multifungsi. Mirip dengan MPV konvensional yang berbahan bakar bensin atau diesel, MPV listrik juga menawarkan ruang kabin yang luas dan fleksibel, sehingga cocok untuk keluarga besar atau mengangkut barang dalam jumlah banyak.

Antusiasnya masyarakat mengunjungi berbagai booth jenis mobil MPV Listrik tidak terlepas dari kelebihan yang ditawarkan jika menggunakan mobil listrik, diantaranya lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang sehingga mengurangi polusi udara. Dari segi performa, tenaga instan dari motor listrik memberikan akselerasi yang cepat. Perjalanan menggunakan mobil listrik terasa lebih nyaman karena mesinnya terasa lebih hening dengan biaya operasional yang rendah karena biaya pengisian daya baterai umumnya lebih murah dibandingkan dengan biaya bahan bakar. Ditambah lagi, pemerintah banyak memberikan insentif bagi pengguna kendaraan listrik, seperti potongan pajak atau subsidi.

Diantaranya tebaran berbagai merek atau brand mobil listrik, ada merek mobil listrik jenis MPV Listrik yang kehadirannya banyak menyita perhatian masyarakat, terutama pengunjung GIIAS 2024. Apalagi kalau bukan BYD M6. Animo masyarakat yang sangat besar untuk melihat BYD M6 ini terlihat dari antusias dan banyaknya pengunjung GIIAS 2024 yang mengunjungi booth BYD M6. Bisa dibilang, booth BYD M6 tidak pernah sepi pengunjung yang datang silih berganti, untuk melihat secara langsung mobil listrik jenis MPV ini.

mobil listrik MPV BYD M6

Bagi yang belum mengetahuinya, BYD M6 adalah sebuah mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) listrik yang diproduksi oleh BYD Auto, perusahaan otomotif asal China. Mobil ini dikenal dengan desain modern dan futuristik, serta fitur-fitur canggih. Tidak banyak berbagai keunggulan fitur utama BYD M6 yang menarik antusiasme masyarakat, tapi juga karena sebelum mobil listrik ini diproduksi belum ada mobil listrik 7 atau 6 penumpang dengan harga jual Rp. 300 jutaan. Nah, berikut ini telah dirangkum beberapa keunggulan dari BYD M6.

1. Harga Terjangkau

Harga menjadi keunggulan utama untuk sebuah BYD M6, bagaimana tidak harganya tergolong cukup murah bagi kelas mobil listrik, apalagi dengan kapasitas 6-7 penumpang alias 3 baris jok. Pengumuman harganya saat di GIIAS 2024 bisa dibilang menjadi kunci banyaknya orang untuk melihat langsung wujud MPEV satu ini.

Jangankan untuk ukuran mobil listrik yang eranya masih sangat baru di tanah air, untuk kelas mobil bermesin konvensional pun harga BYD M6 masih sangat kompetitif. Berikut ini harga BYD M6 terbaru per Agustus 2024.
  • BYD M6 varian Strandard (7 seater) : Rp. 379.000.000,-
  • BYD M6 varian Superior (7 seater) : Rp. 419.000.000,-
  • BYD M6 varian Superior Captain Seat (6 seater) : Rp. 429.000.000,-
2. Kabin Lega

BYD M6 memiliki kabin lega yang menjadi salah satu poin plus dalam hal kenyamanan. Dengan dimensi panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, dan jarak sumbu roda 2.800 mm, mobil bertenaga listrik ini bisa menampung 6-7 penumpang dengan nyaman.

Selain itu, bagasinya juga tak kalah luas, dimana bagasinya dapat menampung 180 liter barang dengan semua kursi terpasang, atau bisa meningkat menjadi 630 liter jika kursi baris ketiga dilepas.

3. Suspensi Empuk

Berdasarkan pengalaman test drive BYD M6 Jakarta-Bandung (PP), suspensi BYD M6 dinilai cukup mampu memanjakan penumpang lantaran dirasa empuk. Rahasianya terletak pada sistem suspensi independen pada keempat roda mobil yang memang didesain dan disetel oleh ahli tuning kelas dunia, Heinz Keck.

Keahliannya memastikan mobil keluarga jenis MPEV ini tetap stabil dan nyaman di berbagai kondisi jalan.

4. Tarikan Kuat

Meskipun tarikan BYD M6 tak terasa begitu instan, terutama pada mode berkendara Eco, namun hal itu ternyata tak mengurangi kemampuannya bergerak. BYD M6 bisa melibas dengan sangat mudah berbagai jalanan menanjak dan berkelok di jalur Subang menuju Ciater sebelum masuk Bandung. Tarikan di jalur datar dan lurus juga terasa cukup kuat.

Di atas kertas, BYD M6 varian Superior dan Superior Captain dapat mengeluarkan tenaga hingga 150 kW atau setara 201 hp dan torsi besar hingga mencapai 310 Nm. Sementara itu, BYD M6 bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8,6 detik.

5. Hemat Daya Baterai

Daya baterai BYD M6 juga tergolong hemat. Menurut pengalaman test drive BYD M6 Jakarta-Bandung (PP), selama perjalanan pulang dari Bandung menuju ke Jakarta lewat Tol Cipularang dan MBZ dengan mode Sport dan rata – rata kecepatan 100 km/jam, mulai dari posisi baterai 100 persen tersisa 68 persen atau masih bisa dipakai untuk menempuh jarak sejauh 361 km.

Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan teknologi pengecasan cepat (fast charging) dengan daya DC 170 kW. Berkat teknologi tersebut, BYD M6 hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mengisi daya baterai dari 30 persen hingga 80 persen.

Bagaimana? Dengan banyaknya keunggulan ini tidak salah jika masyarakat sangat antusias untuk menjadikan BYD M6 sebagai pilihan mobil listrik untuk keluarga, karena selain memiliki kabin yang lega, mobil listrik ini juga bisa mengangkut 6 -7 penumpang layaknya mobil MPV yang menggunakan bahan bakar. Tidak hanya itu, mobil listrik pilihan keluarga ini juga memiliki desain yang modern dan dilengkapi teknologi canggih, seperti sistem infotainment touchscreen, sistem navigasi, dan sistem bantuan pengemudi. Penasaran kan ingin melihat langsung mobil listrik berjenis MPV ini, yuk bisa langsung menghubungi dealer BYD terdekat!
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Keunggulan BYD M6, Harganya Tergolong Cukup Murah Untuk Kelas Mobil Listrik"