4 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo

cara menghilangkan iklan di HP Oppo

Siapa nih yang suka terganggu kalau ada iklan tiba-tiba muncul di layar HP dengan durasi yang cukup panjang? Sebagai pengguna HP Oppo, saya suka bertanya-tanya bagaimana ya cara menghilangkan iklan di HP Oppo agar saat menggunakannya terasa lebih nyaman dan cepat menemukan apa yang sedang dicari. Harus diakui, meskipun tidak selalu terjadi namun iklan di ponsel memang seringkali mengganggu aktivitas, baik saat sedang browsing, bermain game, atau menggunakan aplikasi lainnya. 

Jika ditanyakan, setidaknya ada beberapa alasan utama mengapa pengguna ponsel banyak yang memilih berusaha menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di layar ponselnya, diantaranya:

  • Mengganggu Konsentrasi, dimana iklan yang tiba-tiba muncul dapat mengalihkan perhatian pengguna dari apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan, terutama saat membaca artikel atau menonton video.
  • Memboroskan Kuota, rasanya banyak yang memiliki pemikiran sama kalau iklan juga berperan besar dalam urusan memboroskan kuota internet yang terkadang sudah minim, terutama ketika iklan video dengan durasi lumayan lama tanpa tahu dimana letak menu untuk menutupnya.
  • Potensi Malware, mudah-mudahan tidak ya tapi memang harus waspada karena ada beberapa iklan terutama yang berasal dari sumber tidak tepercaya dapat mengandung malware atau virus yang berbahaya bagi perangkat atau keamanan ponsel yang sedang digunakan.
  • Privasitas, harus waspada nih! karena iklan seringkali mengumpulkan data pribadi untuk tujuan penargetan iklan. Yah...bagaimana pun iklan yang tertarget atau sesuai minat pengguna akan memunculkan peluang lebih besar untuk ditindaklanjuti. Dengan memblokir iklan, maka kesempatan melindungi privasi atau data pribadi akan lebih besar. Bagi yang belum mengetahuinya, privasitas adalah hak setiap individu untuk memiliki kontrol atas informasi pribadi yang dimiliki. Adapun contoh data privasitas antara lain berupa nama, alamat lengkap, nomor KTP/identitas, data keuangan, dan sebagainya.
  • Memberikan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik, karena tanpa gangguan iklan maka pengguna dapat menikmati konten yang diinginkan dengan lebih lancar, fokus, dan akses yang lebih cepat tanpa harus memboroskan kuota internet.
Lantas, langkah selanjutnya bagaimana cara menghilangkan iklan di HP ya? Nah, untuk pengguna HP Oppo, berikut ini ada 4 cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang bisa dipraktekkan agar saat beraktivitas dengan ponsel lebih nyaman dan cepat.

1. Blokir Iklan Dari Chrome

Cara yang pertama menghilangkan iklan di HP Oppo adalah dengan melakukan blokir iklan dari search engine google chrome, dan berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Buka HP dan cari aplikasi google chrome yang sudah tersemat di HP Oppo.
  2. Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka menu "Setting."
  3. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan sub menu "Site Setting."
  4. Selanjutnya gulir untuk mencari sub menu "Pop-ups and Redirects" dan scroll toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up.
  5. Setelah melakukan langkah tersebut, kembali ke sub menu "Site Setting" dan pilih "Ads."
  6. Scroll kembali ke kanan untuk mengaktifkan toggle "Ads" yang membuat iklan-iklan berbahaya tidak muncul di layar HP Oppo.
2. Blokir Iklan Dari Home Screen

Cara selanjutnya untuk menghilangkan iklan yang mengganggu di HP Oppo adalah dengan memblokir iklan melalui home screen. Iklan di Home Screen biasanya muncul lantaran menginstall aplikasi pihak ketiga. Saran saja, sebaiknya unduh aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan jika ada aplikasi yang rasanya tidak terlalu dibutuhkan, pertimbangkan untuk menghapus pemasangan atau uninstall. Namun, jika aplikasi tersebut dibutuhkan, maka lakukan langkah memblokir iklan dari home screen dengan cara-cara sebagai berikut:
  1. Pertama, tekan dan tahan ikon aplikasi hingga menu "Info" terbuka.
  2. Lalu, scroll hingga menemukan opsi "Display Over Other Apps."
  3. Lanjut scroll kembali untuk mematikan toggle "Allow display over other apps."
3. Blokir Iklan Dari Wallpaper

Perlu diketahui bahwa aplikasi Glance merupakan salah satu sumber munculnya iklan di HP Oppo. Aplikasi tersebut biasanya menampilkan rekomendasi, berita hingga konten kemitraan. Nah, konten kemitraan inilah yang punya porsi iklan lebih banyak. Agar tidak muncul iklan, berikut cara memblokirnya:
  1. Langkah pertama, geser ke atas (swipe up) Home Screen untuk membuka menu app drawer.
  2. Lalu pilih menu "Setting."
  3. Kemudian scroll untuk mencari sub menu "Lock Screen."
  4. Setelah itu, buka opsi "Wallpaper Service."
  5. Tekan tombol radio disamping "None."
4. Blokir Iklan Menggunakan Aplikasi AdAway

Cara terakhir yang bisa dipakai untuk menghilangkan iklan di HP Oppo adalah menggunakan aplikasi AdAway. Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dan sangat direkomendasikan untuk membantu menghilangkan iklan yang terasa mengganggu di HP Oppo. Namun, dari sekian banyak aplikasi sejenis, ada satu yang direkomendasikan, yaitu Aplikasi AdAway. Nah, berikut ini cara menghilangkan iklan di HP Oppo dengan bantuan aplikasi AdAway.
  1. Langkah pertama, buka aplikasi Google Playstore lalu cari aplikasi AdAway melalui fitur penelusuran, unduh dan install aplikasi tersebut setelah ditemukan. Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari sumber asli atau tepercaya.
  2. Setelah proses penginstallan aplikasi selesai, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses installasi aplikasi yang muncul di layar HP.
  3. Aplikasi AdAway akan membutuhkan akses root, jadi pastikan perangkat yang digunakan sudah di-root sebelumnya.
  4. Pada tampilan utama aplikasi AdAway, aktifkan fungsi penggunaan daftar host yang telah disediakan oleh aplikasi untuk memblokir iklan.
  5. Setelah mengaktifkan fungsi AdAway, segera aplikasikan perubahan tersebut. Aplikasi ini secara otomatis akan memodifikasi file host pada perangkat untuk memblokir iklan yang masuk.
  6. Agar perubahan bisa diterapkan sepenuhnya, reboot HP Oppo setelah menggunakan AdAway.
  7. Usai melakukan reboot, periksa apakah iklan di HP Oppo sudah berhasil dihilangkan. Pastikan juga untuk memeriksa beberapa aplikasi dan browser yang digunakan guna memastikan efektivitas penginstalan aplikasi AdAway.
Nah, bagi yang kerap merasa terganggu dengan munculnya banyak iklan di HP, terutama HP Oppo bisa melakukan cara-cara diatas, dan sebagai tips tambahan agar terhindar dari masalah akibat iklan yang kerap muncul di ponsel, sebaiknya lakukan langkah pengamanan ganda. 

Langkah tambahan untuk mengamankan ponsel adalah dengan menghindari mengakses situs atau website yang banyak atau bahkan terlalu banyak menampilkan iklan dalam satu waktu. Selain itu, disarankan untuk menggunakan mode penjelajahan pribadi karena mode ini dapat membatasi pelacakan dari iklan yang ditargetkan. Perbaharui perangkat lunak secara teratur agar keamanan ponsel selalu terjaga.

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo menjadi suatu hal penting mengingat tidak semua pengguna memiliki literasi digital yang baik, apalagi ponsel digunakan dari segala jenjang usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Untuk itu, menghilangkan iklan di ponsel dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan nyaman, menghemat kuota internet, serta melindungi perangkat dari banyaknya ancaman keamanan.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "4 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo"