Augmented Reality (AR), Tren Baru Dalam Industri Kecantikan

Augmented Reality (AR) Tren Baru Industri Kecantikan

Siapa nih yang sampai saat ini masih suka salah memilih shade makeup? Yap...saya adalah salah satunya, meskipun sudah sering membeli berbagai produk makeup tapi masih suka salah memilih shade, akibatnya suka tidak cocok dengan warna kulit atau membuat kulit terlihat lebih gelap serta kusam. Salah pilih shade ini kerap terjadi jika saya membeli produk makeup secara online, padahal membeli beragam produk makeup secara online bisa mendapatkan harga lebih murah, termasuk di toko online official brand makeup tersebut. Sebenarnya, sudah banyak artikel yang bisa diakses baik melalui mesin pencari atau media sosial yang membantu memberikan tips memilih shade yang tepat, tapi tetap saja salah pilih shade masih berulang. Apakah ada solusinya?

Ternyata ada lho! Dengan teknologi Augmented Reality atau AR. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi Augmented Reality (AR) telah mengalami perkembangan sangat pesat, bahkan mulai diterapkan dalam berbagai industri, salah satunya adalah dunia kecantikan. Apa sebenarnya Augmented Reality atau AR itu? Augmented Reality atau AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital secara real-time, sehingga pengguna dapat melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang ditambahkan ke lingkungan fisik pengguna tersebut. AR memperkaya persepsi dunia nyata dengan overlay visual, audio, atau informasi lainnya yang dihasilkan oleh komputer.

Fitur yang dengan cepat menjadi tren dalam industri kecantikan ini banyak dipakai brand-brand skincare untuk memudahkan konsumen menemukan jenis makeup yang tepat, sesuai kondisi kulit wajahnya. Tidak heran jika kemudian e-commerce mulai berlomba-lomba memasukkan fitur yang inovatif ini dalam aplikasi belanjanya, sehingga konsumen dengan mudah bisa melakukan pembelian jenis makeup yang tepat. Tidak hanya itu, dengan fitur ini, pengalaman berbelanja terasa lebih realistis, mudah digunakan, dan akurat. Tujuannya, untuk menghindari kesalahan konsumen saat berbelanja produk kecantikan secara online. Berikut ini akan dibahas secara detil, apa saja sih peran AR dalam dunia kecantikan.

Peran Augmented Reality (AR) Dalam Dunia Kecantikan

Pembahasan mengenai AR sebagai tren baru dalam industri kecantikan rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai peran teknologi AR ini dalam dunia kecantikan atau AR dapat digunakan sebagai fitur apa saja yang pastinya akan memperkaya pengalaman pengguna saat berada di dunia digital, seperti berikut ini:

Virtual Try-On untuk Makeup dan Produk Kecantikan

Fitur Virtual Try-On menjadi salah satu aplikasi paling populer dari AR dalam dunia kecantikan. Teknologi ini memungkinkan pengguna mencoba berbagai produk kecantikan, seperti lipstik, foundation, eyeshadow, dan produk lainnya secara virtual sebelum melakukan pembelian. Bahkan tidak hanya itu, teknologi AR ini juga memungkinkan pengguna melihat tampilan produk makeup yang diterapkan ke wajahnya secara real-time. Fitur ini tentunya sangat membantu pengguna yang sering mengalami kesulitan menemukan shade atau warna makeup yang cocok untuk wajahnya. Beberapa perusahaan besar seperti L'Oreal, Estee Lauder, Sephora, dan brand makeup lainnya mulai mengadopsi teknologi ini pada platform mereka.

Fitur Virtual Try-On Wardah

Tidak hanya perusahaan besar sekelas internasional, brand-brand kosmetik lokal sudah mulai menggunakan fitur ini untuk membantu konsumen menemukan shade atau jenis makeup yang sesuai dengan kulitnya. Salah satunya adalah brand kosmetik lokal yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Wardah. Brand kosmetik lokal yang banyak menjadi pilihan wanita Indonesia ini telah menghadirkan fitur Virtual Try-On pada situs web-nya, yang tidak hanya bisa diakses melalui kamera komputer, tapi juga melalui smartphone. Dengan fitur ini, maka konsumen dapat memilih atau melakukan pembelian setelah mencoba berbagai produk makeup dengan cepat melalui perangkat teknologi yang dimiliki. Yap...tanpa harus mencoba secara fisik produk makeup tersebut, konsumen bisa menemukan jenis kosmetik yang diinginkan dengan tepat dan mudah.

Personalisasi dan Rekomendasi Produk Makeup

Dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR), karakteristik kulit dan fitur wajah pengguna dengan mudah dapat dianalisis, untuk kemudian memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan hasil analisis tersebut. Misalnya, pengguna melakukan analisis kulit melalui fitur AR yang tersedia pada situs atau website brand kecantikan, maka AR dapat mengidentifikasi jenis kulit, masalah kulit seperti jerawat atau keriput, dan tentunya akan memberikan rekomendasi produk yang paling sesuai serta merupakan solusinya. Tentunya, ini akan memberikan pengalaman belanja yang lebih personal dan relevan bagi konsumen.

Pendidikan dan Tutorial Makeup

Perkembangan teknologi AR yang mulai diadaptasi dalam bentuk fitur di industri kecantikan memberikan cara pandang baru untuk cara belajar dan mengajar teknik makeup wajah. Bahkan, seseorang yang ahli dalam makeup dapat memberikan ilmunya secara detil pada orang lain tanpa harus bertemu muka secara langsung, tentunya melalui fitur yang canggih ini. Aplikasi AR dapat menyediakan tutorial makeup yang interaktif dan tentu saja secara personal, sesuai dengan wajah pengguna. Dengan bantuan teknologi pengenalan wajah, aplikasi yang berbasis AR ini dapat memberikan panduan langkah demi langkah dalam makeup yang disesuaikan dengan bentuk wajah dan jenis kulit. Tentu saja hal ini sangat membantu pengguna mengikuti instruksi dengan lebih mudah dan melihat hasil akhirnya secara real-time, sebelum mencoba secara langsung setelah produk kosmetik tersebut dibeli.

Peningkatan Pemasaran dan Promosi

Teknologi Augmented Reality atau AR sangat membantu untuk memberikan solusi kampanye pemasaran yang kreatif dan menarik. Perusahaan kecantikan dapat menggunakan teknologi AR untuk membuat iklan yang lebih interaktif dan imersif, seperti mencoba produk secara virtual langsung dari iklan yang dikampanyekan. Tentu saja jenis iklan semacam ini tidak hanya menarik perhatian konsumen, tapi juga peluang meningkatkan enggagement dan konversi penjualan. Bisa dibilang kampanye pemasaran dan promosi menggunakan teknologi AR sangat inovatif serta sesuai tren masa kini.

Pengembangan Produk Kecantikan yang Lebih Cepat dan Efisien

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pengalaman pengguna, teknologi Augmented Reality (AR) dapat membantu mempercepat proses pengembangan produk, yang memungkinkan para ahli kecantikan memvisualisasikan dan menguji produk baru dengan fitur virtual sebelum melakukan produksi fisik. Tentunya langkah ini bisa mengurangi biaya dan waktu pengembangan menjadi lebih cepat serta efisien. Pada akhirnya hal ini akan meningkatkan kualitas produk akhir.

Teknologi Augmented Reality atau AR
Image by freepik

Perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) memang memberikan cara pandang baru dalam berbagai industri, termasuk industri kecantikan. Meskipun di satu sisi teknologi Augmented Reality (AR) menawarkan banyak keunggulan serta manfaat, tetap saja ada beberapa tantangan yang harus dihadapi serta dicarikan solusinya, seperti masalah privasi data dan biaya pengembangan teknologi yang terbilang masih cukup tinggi. 

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan peningkatan aksesibilitas, teknologi AR diharapkan akan terus berkembang dan menjadi bagian penting dalam industri kecantikan. Apalagi meskipun belum masif, AR sudah menunjukkan tanda-tanda akan membawa banyak inovasi baru dalam dunia kecantikan, khususnya memberikan kemudahan bagi konsumen yang suka berbelanja secara online.

Dalam beberapa tahun kedepan, tentu banyak masyarakat yang berharap untuk melihat inovasi lebih canggih, seperti integrasi AR dengan AI untuk rekomendasi produk kosmetik yang lebih akurat dan pengalaman belanja yang semakin dipersonalisasi. Dengan demikian, AR tidak hanya akan meningkatkan pengalaman konsumen tetapi juga mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam dunia kecantikan.

Augmented Reality telah membuka pintu baru dalam dunia kecantikan, menciptakan pengalaman yang lebih imersif, interaktif, dan personal. Dengan terus berkembangnya teknologi ini, masa depan industri kecantikan terlihat semakin cerah dan penuh dengan kemungkinan baru.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Augmented Reality (AR), Tren Baru Dalam Industri Kecantikan"